Rangkuman
Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika
(Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Inovatif II)
Dosen Pembimbing:
Lestariningsih, S.Pd., M.Pd.
Disusun oleh:
1. Abdul Khakim Kurniawan : 1431001
2. Ahmad Hariz M. : 1431006
3. Cicinidia : 1431021
4. Indah Silvia Hadi : 1431040
5. Ristia Havadoh E. : 1431069
6. Rizky Yuniar Hakim : 1431070
STKIP PGRI SIDOARJO
Jalan Kemiri, Telp.(031) 8950181, Fax.(031) 8071354, Sidoarjo.
Website :http://stkippgri-sidoarjo.ac.id
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
2016
A. Sejarah Lesson Study
Lesson Study telah berkembang sejak abad 18 di negara Jepang. Konsep Lesson Study semakin berkembang pada tahun 1995 berkat kegiatan The Third International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang diikuti oleh empat puluh satu negara dan ternyata dua puluh satu negara di antaranya memperoleh skor rata-rata matematika yang secara signifikan lebih tinggi dari skor rata-rata matemtika di Amerika Serikat.
Di Indonesia, konsep Lesson Study berkembang melalui program Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project (IMSTEP) yang diimplementasikan sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP
B. Pengertian Lesson Study
Lesson Study bukan sebuah metode atau strategi pembelajaran tetapi serangkaian kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan di dalamnya berbagai metode atau strategi pembelajaran yang dianggap efektif dan sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan faktual yang dihadapi guru di dalam kelas, dan Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan yang tak pernah berakhir (continuous improvement), alias inovasi yang tiada henti.
C. Ciri-Ciri Lesson Study
1. Tujuan bersama untuk jangka panjang.
2. Materi pelajaran yang penting.
3. Studi tentang siswa secara cermat.
4. Observasi pembelajaran secara langsung.
D. Prinsip-Prinsip Lesson Study
1. Diusahakan adanya kegiatan hands-on dan mind-on selama pembelajaran tersebut berlangsung,
2. Pembelajaran diusahakan dapat menyentuh permasalahan yang berhubungan dengan hidupan sehari-hari siswa,
3. Perencanaan pembelajaran tersebut mencoba mengembangkan media pembelajaran yang berbasis local materials.
E. Tahapan Kegiatan Lesson Study
Lesson Study terdiri dari 3 tahapan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see).
F. Keunggulan dan Kelemahan Lesson Study
1. Keunggulan Lesson Study
a. Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya
b. Meningkatkan mutu guru dan mutu pembelajaran yang pada gilirannya berakibat pada peningkatan mutu lulusan
c. Memperbaiki praktek pembelajaran di kelas
d. Meningkatkan kolaborasi antar sesama guru dalam pembelajaran
2. Kelemahan Lesson Study
a. Kurangnya pemahaman dan komitmen guru mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melaksanakannya.
b. Kurang terbiasa mengembangkan budaya saling belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar